Rabu, 01 Februari 2023

Review buku qais bin sa'ad



nama;dimas saputra

kelas;9E


jumlah halaman:58.

judul buku:qais bin sa'ad 

penulis:dinar setiawan 

penerbit:TITIAN ILMU bandung

DIASAH

Daya tarik,intisari,amanat,saran, hikmah.

–DAYA TARIK 

Daya tarik saya membaca buku ini karena terkenal dengan kedermawanannya.

Qais bin Sa'ad memiliki banyak karakter mulia. Namun yang sangat menonjol

Adalah sifat dermawan dan cerdas. Kedermawanan Qais layaknya warisan keluarga,

Sejak dulu, orang-orang Arab telah mengakui kakeknya seorang dermawan.

–INTISARI

Sejak belia, Qais bin Sa’ad bin ‘Ubadah tumbuh dalam keluarga yang mengutamakan akhlak. Dia merupakan putra pemimpin Suku Khazraj di Yastrib (Madinah), Sa’ad bin ‘Ubadah. Qais menjadi seorang Muslim ketika masih anak-anak.




Waktu itu, ayahnya memperkenalkannya ke hadapan Rasulullah SAW. Sebuah riwayat menyebutkan, Nabi Muhammad SAW cukup terkesan dengan Qais. Sejak saat itu, kedekatan Qais dengan Rasulullah SAW terbina baik. Salah seorang sahabat, Anas bin Malik pernah mengungkapkan, “Kedudukan Qais bin Sa’ad bin ‘Ubadah di sisi Nabi SAW tidak ubahnya seperti seorang ajudan.”


Baik sebelum maupun setelah masuk Islam, Qais terkenal sebagai pribadi yang dermawan tetapi juga berakal panjang. Hal inilah yang membuat kebanyakan masyarakat Madinah gentar terhadapnya.Setelah keimanan menetap dalam hatinya, Qais mengubah kepiawaiannya dalam mengakali orang-orang dengan kejujuran. Ia memang termasuk orang yang peka dalam berbahasa diplomatis sehingga lawan bicaranya dapat saja menuruti kemauan Qais.

–AMANAT

Amanat dari kisah ini adalah Sejak belia, Qais bin Sa'ad bin `Ubadah tumbuh dalam keluarga yang mengutamakan akhlak. Ia merupakan putra pemimpin Suku Khazraj di Yastrib (Madinah), Sa'ad bin `Ubadah. Qais menjadi Muslim ketika masih anak-anak. Waktu itu ayahnya memperkenalkannya kehadapan Rasulullah SAW.


–HIKMAHH

Qais bin Sa’ad berasal dari keluarga terhormat di Madinah Namun, Qais dengan halus menolaknya, “Kami tidak hendak menerima kembali apa-apa yang telah diberikan,” katanya.

–SARAN

 saran dari saya untuk buku ini tolong ditambah lagi hikmah"nya dari buku ini agar orang lain yang membacanya semakin menarik semakin ingin membaca

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Bullying Dan Profil Dimas Saputra

  DOWNLOAD PAMFLET BULLYING DOWNLOAD PAMFLET PROFIL